Tips dan Trik untuk Menjadi Public Speaker yang Handal

Public speaking tentu bukan istilah asing bagi Anda, akan tetapi sudahkah Anda menjadi public speaking yang handal? Menjadi seseorang yang sudah menguasai public speaking, pasti akan terasa nyaman ketika berbicara didepan banyak orang.

Ketika Anda tidak terbiasa dengan melakukan hal tersebut kemungkinan besar akan mengalami kondisi jantung akan berdetak lebih cepat, lutut gemetar, tangan gemetar sampai dari atas keringat akan mengucur.

Menjadi public speaker yang handal tentunya banyak hal yang perlu Anda ketahui. Terlebih lagi jika Anda merupakan seorang jasa penerjemah tersumpah. untuk dapat menguasai dan semakin percaya diri ketika berbicara di tempat umum. Di bawah ini ada beberapa tips dan trik untuk menjadi seorang public speaker yang handal:

Mengenal Profesi Public Speaker

Public speaking merupakan salah satu kemampuan berkomunikasi secara lisan di depan sekumpulan banyak orang atau umum. Sedangkan untuk public speaker adalah profesi yang kerjanya berpidato .

Selain dari pidato public speaker ini juga bisa menjadi Master Ceremony (MC), moderator, pelaku seni komunikasi lisan, presenter dan lain sebagainya.

Tips Menjadi Public Speaker

1. Tidak Masalah Apabila Nervous

Ketika anda masih pemula, Anda akan merasakan nervous yang berlebihan. Jangankan Anda yang baru belajar public speaking, terkadang public speaker yang sudah ternama juga merasa nervous. Jadi nervous ketika public speaker bukan masalah yang besar.

Perasaan nervous akan berkurang seiring berjalannya waktu karena Anda sudah bisa menguasai audiens. Selain itu apabila persiapan Anda sudah matang dan menguasai topik yang dibicarakan perasaan nervous dengan sendirinya akan hilang.

2. Persiapan yang Matang

  • Setelah mengetahui tema yang akan disampaikan, Anda perlu untuk mencari bahan materi.
  • Berlatih untuk menyampaikan pidato dan berlatih untuk mengatur nada bicara dan nafas.
  • Sebelum tampil juga harus mempersiapkan mental. Untuk mengurangi rasa gugup Anda harus mengenali audiens dan merilekskan diri.

3. Mencoba untuk Berlatih

Sebagai pemula dari public speaking tentu sangat memerlukan latihan yang banyak, tujuannya supaya dapat tampil lebih percaya diri, menyampaikan kalimat dengan pilihan kalimat yang nyaman.

Tidak hanya itu latihan ini juga dapat membantu saraf Anda lebih tenang dan audiens akan lebih memahami apa yang Anda sampaikan. Jika perlu Anda dapat meminta bantuan kepada orang yang ada di sekitar Anda untuk mendapatkan umpan balik.

4. Dengan Audiens Lakukan Kontak Mata

Menjadi seorang public speaker untuk menunjukkan kesopanan dan menghargai orang yang menyampaikan pidato perlu untuk melihat orang yang sedang berbicara. Maka dari itu Anda harus melakukan kontak mata kepada audiens.

Dengan hal tersebut para audiens menjadi memperhatikan dengan hal yang disampaikan Anda. Selain itu juga dapat terlihat lebih kompeten dan percaya diri.

5. Be Yourself

Kata kunci menjadi public speaker adalah be yourself. Semua hal akan meyakinkan apabila Anda menampilkan karakter Anda dengan lebih percaya diri ketika menyampaikan pidato. Faktanya audiens akan menyadari dan lebih pintar jika pura pura tersenyum dan terlalu gugup.

6. Rileks dan Tenang

Meskipun sulit untuk melakukan public speaking, akan tetapi Anda harus berusaha tetap tenang dan rileks ketika sedang melakukan speech. Public speaker ini mempunyai cara yang berbeda beda sebelum dan saat tampil untuk dapat lebih rileks.

7. Membuat Outline dari Hal yang akan Dibicarakan

Salah satu kebiasaan yang kurang baik ketika melakukan presentasi atau pidato yakni membaca naskah dari awal sampai akhir. Seorang public speaker yang profesional akan membuat outline berupa garis besar tentang hal yang akan disampaikan.

8. Kenali Audiens

Penting untuk public speaker ini mengetahui para audiens. Materi yang dibawakan juga harus sesuai dengan apa yang dicari audiens. Dengan hal ini informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk audiens.

9.Gunakan Body Language

Untuk membantu Anda ketika menyampaikan isi yang disampaikan, dapat melakukan dengan body language hal ini cara yang efektif. Agar Anda lebih rileks dan tidak tegang ketika sedang berbicara.

10. Perhatikan Tempo dan Nada Bicara

Saat berbicara di depan banyak orang Anda harus dapat mengontrol tempo dan nada ketika berbicara. Jangan terlalu cepat saat menyampaikannya, agar para audiens dapat memahami informasi yang disampaikan Anda.

Selain itu juga Anda jangan panik ketika salah pengucapan kata karena hal ini dapat membuat speech Anda kacau. Apabila memungkinkan Anda dapat merevisi perkataan Anda yang salah.

Nah, itulah beberapa tips dan trik untuk menjadi public speaker yang handal yang dapat Anda lakukan ketika presentasi atau pidato. Dengan berlatih public speaking setiap waktu luang Anda akan menjadi public speaker yang handal.

Artikel Lainnya